Tagar WIIWY Viral, Apa Maksudnya?

on

Zonadunia.com – Tagar #WIIWY belakangan ini ramai digaungkan di jagat TikTok. Hal ini merupakan kampaye yang diinisasi oleh FISIP UI 21 untuk menyebarkan ajakan menghentikan tindakan cyber bullying. Tagar ini menyeruak di platform media sosial, khususnya di lini masa TikTok.

Masuk dalam Trending Now di LINE Today, WIIWY merupakan singkatan dari What If It Was You yang artinya bagaimana jika itu adalah kamu. Tren ini mengajak siapapun untuk berhenti melakukan bentuk cyber bullying atau ujaran negatif di media sosial.

Menurut salah satu akun TikTok bernama @nadindra, saat bosan di media sosial bisa jadi menyebabkan beberapa tindakan yang ‘tidak menyenangkan.’ Misalnya, komentar yang bermuatan negatif. Ia kemudian menggambarkannya dalam sebuah video yang mengandung unsur cyber bullying menggunakan tagar tersebut.

Sumber: TikTok / Istimewa

Selain itu, akun TikTok bernama @hartatahtaanakkelima yang turut menyeruakkan tagar #WIIWY juga mengunggah video dengan sudut pandang korban perundungan. Dalam video berikut, digambarkan seumpama seseorang harus mengonsumsi pil setiap hari karena sedang menjalani perawatan tertentu. “Bagaimana kalau itu adalah kamu,” imbuhnya dalam caption.

Lebih daripada itu, tren ini juga memiliki pesan bahwa efek dari perundungan berbeda pada tiap orang. Tidak semua orang bisa merespons perundungan dengan jernih dan pulih dengan cepat. Sebaliknya demikian, jangan karena bisa cepat pulih dari efek perundungan tidak lantas membuat kita menormalisasi tindakan ini kepada orang lain.

Hingga saat ini, tagar WIIWY telah dintonton oleh sebanyak 17 juta pengguna TikTok. Tren ini disambut positif, sebagian besar netizen pun mendukung tren ini karena sudah mewakili banyak orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s