Yahya Waloni Bungkam Setelah Tiba di Bareskrim

Zonadunia.com – Bareskrim Polri menangkap penceramah Yahya Waloni di kawasan Cibubur, Jakarta pada Kamis (26/8). Yahya ditangkap oleh tim dari Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri. Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono memastikan penangkapan Yahya terkait kasus dugaan penodaan agama.

Yahya Walon lahir di Manado, Sulawesi Utara 30 November 1970. Dari beberapa sumber, Yahya disebut sempat menempuh pendidikan di Universitas HKBP Nommensen.

Beberapa khutbahnya yang tersiar di media sosial, Yahya menyebut sebagai mantan pendeta yang telah memilih untuk memeluk ajaran Islam. Ia juga sempat menulis beberapa buku yang berisikan perjalannya dari awalnya menjadi pendeta hingga masuk Islam.

Melansir CNN.com, Yahya dikenal sebagai seorang penceramah yang penuh kontroversi. Hal itu disebabkan muatan ceramahnya yang dikenal kerap melontarkan kalimat bermuatan negatif dan frontal.

Nama Yahya mencuat ke publik pada media September 2018 lalu. Kala itu, Ia sempat dilaporkan oleh Himpunan Mahasiswa (Himma) Nahdlatul Wathan ke kepolisian akibat isi ceramahnya yang menyinggung pencemaran nama baik dan penistaan agama.

Ilustrasi (Image by Diego Fabian Parra Pabon from Pixabay)

Dalam video ceramah yang diunggah sejak 11 September 2018 di media sosial, tampak Yahya ‘menyerang’ beberapa nama tokoh nasional.

Yahya saat itu mempelesetkan nama eks Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dengan sebutan ‘Tuan Guru Bajingan’. Kemudian Yahya menyebut Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah uzur dan akan mati. Ia juga mendoakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri cepat meninggal dunia.

Bahkan, Ma’ruf yang kala itu masih berstatus sebagai bakal calon wakil presiden mengimbau agar seorang yang menyandang predikat ustaz atau kiai sebaiknya tak menyinggung orang lain dalam tiap ceramahnya.

Tak berhenti sampai di situ, Yahya turut dilaporkan kembali ke Kepolisian oleh Komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme pada April 2021 lalu. Yahya diduga telah menista agama.

Yahya turut dilaporkan bersama pemilik akun YouTube Tri Datu. Dalam video ceramah itu, Yahya tampak menyampaikan ceramah bahwa bible tak hanya fiktif namun palsu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s