Indonesia Masuk Fase Hiperendemi Covid-19 Bukan Endemi, Ini yang Disebutkan Pakar

on

Zonadunia.com – Pandemi Covid-19 hampir dua tahun terjadi di seluruh dunia. Sejumlah pakar memprediksi wabah ini akan berakhir menjadi endemi, kecuali untuk Indonesia.

Sebaliknya, Indonesia berpotensi masuk ke dalam fase hiperendemi di saat negara lain masuk ke tahap endemi pasca masa pandemi Covid-19 berakhir.

Melansir Haibunda.com, pandemi merupakan kondisi suatu wabah penyakit yang terjadi secara serempak. Daerah cakupan pandemi meliputi wilayah geografis yang luas, seperti Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia.

Sementara itu, endemi merupakan situasi ketika penyakit yang menjadi wabah tersebut sudah menjadi karakteristik di wilayah tertentu. Dalam kondisi endemi, penyakit tersebut sudah bisa dikendalikan dalam jangka waktu lama.

Manusia pada akhirnya dapat hidup berdampingan dengan penyakit yang sebelumnya menyebabkan pandemi. Namun sejumlah pakar menyebut Indonesia belum bisa masuk ke fase endemi.

Ilustrasi (Image by Eugen Visan from Pixabay)

“Kalaupun pandemi itu dicabut, boleh jadi menjadi endemi, bahkan hiperendemi. Indonesia potensial menjadi negara hiperendemi,” kata Hermawan, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI).

Indonesia kemungkinan masih berada di tahap hiperendemi lantaran belum bisa mengatasi kasus wabah penyakit Covid-19. Hingga saat ini, WHO juga masih belum mencabut status pandemi secara global.

Sejumlah negara di dunia masih dikatakan mengalami fase kritis Covid-19, termasuk Indonesia. Tambahan kasus positif dan kematian di Tanah Air masih terbilang tinggi.

Angka kasus kematian di Indonesia bertahan di atas 1.000 kasus per hari dalam seminggu terakhir, dengan kasus baru bertambah 18.671 per hari ini berdasarkan data Kemeterian Kesehatan.

“Hiperendemi bisa jadi kasus itu masih tinggi. Artinya kasus itu belum terkendali secara signifikan. Kita ini dilihat oleh WHO belum keluar dari critical momentum-nya malah. Artinya masih tinggi ya angka kesakitan, kematian, dan sebagainya,” tuturnya.

Hermawan mengaku tidak tahu pasti kapan WHO akan mencabut status pandemi secara global. Namun hal tersebut diprediksi terjadi pada akhir tahun ini karena situasi di beberapa negara sudah mulai terkendali.

“Perkiraan saya WHO akan mencabut pandemi ini di akhir 2021. Melihat konstelasi global, banyak negara dunia yang sudah mampu mengendalikan,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s