Merasa Kurang Tinggi? Berikut Jenis Olahraga yang Dapat Meninggikan Badan

on

Zonadunia.com – Olahraga menjadi topik pembicaraan warganet belakangan ini. Hal itu menyusul keberhasilan artis Indra L. Bruggman menurunkan berat badan karena rutin olahraga.

Namun, selain menurunkan berat badan, olahraga juga bisa membantu menaikkan tinggi badan. Olahraga memang memberik banyak manfaat. Keuntungan melakukan olahraga yang utama adalah badan menjadi lebih bugar dan tidak mudah sakit. 

Selain itu, manfaat olahraga yang lebih spesifik antara lain menurunkan berat badan, menambah tinggi badan, memperkuat otot jantung dll, dilansir dari Kontan.co.id.

Namun, apapun jenis olahraga yang dilakukan, kita bisa mendapatkan manfaat secara optimal jika berolahraga secara teratur. Selain itu, olahraga menaikkan tinggi badan ini akan lebih efektif jika dilakukan di masa pertumbuhan atau masa pubertas. 

Olahraga apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menaikkan tinggi badan? Berikut ulasannya melansir Boldsky:

Ilustrasi (Image by kinkate from Pixabay)

Olahraga Skipping

Olahraga pertama untuk menaikkan tinggi badan adalah skipping. Skipping adalah olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan hanya memerlukan tali skipping saja. Olahraga ini dianggap efektif menambah tinggi badan karena gerakan melompat yang memperkuat kaki dan membuatnya menjadi lebih panjang. Namun sebagai catatan, pastikan untuk mengangkat dan mendaratkan dua kaki secara bersamaan saat sedang melompat.

Olahraga Jogging

Olahraga kedua untuk menaikkan tinggi badan adalah jogging. Terdengar sederhana, siapa sangka olahraga satu ini ternyata bisa bantu menaikkan tinggi badan kita lho. Jogging bisa membuat kaki kita lebih panjang, namun ada waktu terbaik melakukannya. Yakni di masa puber di mana tulang dan otot-otot sedang mengalami masa pertumbuhan.

Olahraga Jump Squat

Olahraga ketiga untuk menaikkan tinggi badan adalah jump squat. Jump squat adalah olahraga yang melatih otot dan persendian tubuh bagian bawah. Latihan ini bisa membantu kamu menambah tinggi badan. Cara olahraga jump squat untuk menambah tinggi badan adalah:

  • Pertama, berdirilah dengan posisi normal
  • Turunkan tubuh ke posisi jongkok dengan menurunkan pinggul ke belakang sambil menekuk lutut
  • Jika sudah, beri penekanan pada kaki untuk berdiri sembari melakukan lompatan

Itulah beberapa olahraga yang ternyata bisa membantumu menaikkan tinggi badan. Lakukan secara rutin ya, dan akan lebih baik jika mulai dilakukan sejak masa puber di mana tulang dan otot sedang mengalami pertumbuhan.

Selain melakukan olahraga yang bisa menaikkan tinggi badan, konsumsilah makanan bergizi. Terutama makanan yang tinggi kalsium untuk memacu pertumbuhan tulang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s