Detail Singapura Laporkan Kejadian Efek Samping Serius Vaksin Sinovac

on

Zonadunia.com – Ada kabar terbaru soal vaksinasi COVID-19 di Singapura. Otoritas Ilmu Kesehatan (HSA) Singapura menerima sekitar 90 laporan dugaan efek samping yang muncul usai disuntik vaksin Sinovac-CoronaVac.

Dari 90 laporan tersebut, lima di antaranya melaporkan ‘efek samping serius’. Ada beberapa efek samping serius yang dilaporkan pasca menerima vaksin Sinovac, dilansir dari Haibunda.com.

Ilustrasi (Image by pearson0612 from Pixabay)

Adapun efek samping serius itu terdiri dari reaksi alergi serius, vertigo, telinga berdenging, anafilaksis, hingga Bell’s Palsy.

Untuk diketahui, Bell’s Palsy merupakan kondisi kelumpuhan mendadak yang terjadi pada otot-otot wajah. Pada kebanyakan kasus, kondisi tersebut bersifat sementara dan bisa membaik secara signifikan dalam waktu berminggu-minggu.

Dikutip dari Mayo Clinic, penyebab Bell’s Palsy masih belum diketahui pasti. Namun, kondisi ini diyakini terjadi karena adanya pembengkakan dan peradangan saraf yang mengontrol otot-otot di salah satu sisi wajah. Tetapi, ini juga bisa terjadi karena infeksi virus.

Efek samping serius lainnya yang dilaporkan adalah anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang jarang terjadi dan berpotensi bisa mengancam jiwa. Kasus ini juga bisa terjadi usai divaksinasi.

HSA mengatakan suatu efek samping dikategorikan sebagai efek samping serius jika bisa menyebabkan seseorang dirawat inap. Selain itu, efek samping tersebut bisa menyebabkan kecacatan, hingga berisiko kematian.

“Secara keseluruhan, efek samping yang serius akibat vaksin Sinovac ini akan terus diamati usai divaksinasi,” kata HSA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s