Penyebab Facebook Down Menurut Ahli, Karyawannya Bahkan Rasakan Dampak

on

Zonadunia.com – Facebook mengalami gangguan, hal itu juga berdampak pada aplikasi-aplikasi yang bernaung di bawahnya seperti WhatsApp dan Instagram. Akibat dari gangguan itu, para pengguna aplikasi tersebut dari seluruh dunia terkendala saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa dugaan terkait gangguan yang dialami Facebook beserta aplikasi yang berada di bawah naungannya. Menurut beberapa pakar keamanan digital, penyebab Facebook down adalah karena adanya masalah pada Domain Name System (DNS).

Divisi analisis internet Cisco, ThousandEyes, melalui akun Twitter mereka menyebutkan bahwa error yang dialami Facebook serta aplikasi di bawahnya disebabkan karena adanya kegagalan DNS.

Chief technology officer Cloudflare, John Graham-Cumming, yang merupakan sebuah perusahaan infrastruktur web mengatakan bahwa error yang terjadi kemungkinan besar disebabkan kesalahan konfigurasi server Facebook.

Dampak tersebut ternyata tidak hanya dirasakan oleh para pengguna, tetap berdampak juga kepada para pegawai perusahaan digital tersebut, dilansir dari Kompas.com.

Image by Firmbee from Pixabay
Ilustrasi (Image by Firmbee from Pixabay)

Terkunci di luar kantor

Melansir New York Times, Senin (4/10/2021) di internal Facebook, kekacauan juga terjadi karena sistem internal mereka berhenti berfungsi. Hal itu diketahui dari memo internal yang dikirim ke karyawan dan dibagikan kepada New York Times. Para karyawan mengatakan mereka mengalami kesulitan melakukan panggilan dari ponsel kantor dan menerima email dari orang di luar perusahaan. Platform komunikasi internal Facebook, Workplace, juga mengalami down, sehingga membuat banyak karyawan tidak dapat melakukan pekerjaan mereka.

Gunakan aplikasi lain

Beberapa karyawan beralih ke platform lain untuk berkomunikasi, termasuk LinkedIn dan Zoom serta ruang obrolan Discord. Tak hanya itu, beberapa karyawan Facebook yang telah kembali bekerja di kantor juga terkunci dari luar dan tidak dapat memasuki gedung serta ruang konferensi karena kartu digital yang digunakan untuk masuk gedung berhenti bekerja.

Sementara, teknisi keamanan Facebook mengatakan bahwa mereka kesulitan untuk mengatasi gangguan itu karena mereka tidak bisa sampai ke area server. Menurut memo internal yang diterima New York Times, sebuah tim kecil karyawan segera dikirim ke pusat data Facebook di Santa Clara, California untuk mencoba melakukan “reset manual” dari server perusahaan.

Facebook sudah pulih

WhatsApp, Instagram, dan Facebook error pada Senin (4/10/2021) malam dan menyebabkan pengguna dari seluruh dunia kesulitan mengakses aplikasi-aplikasi tersebut. Akses ke aplikasi-aplikasi yang bernaung di bawah Facebook itu akhirnya pulih pada Selasa (5/10/2021) pagi.

“Kepada seluruh komunitas dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah bertahan bersama kami,” demikian pernyataan Facebook melalui akun Twitter resmi, Selasa (5/10/2021) pagi.

Dampak Facebook error

Akibat gangguan yang terjadi, banyak orang di seluruh dunia yang bergantung pada aplikasi-aplikasi Facebook, seperti WhatsApp dan Instagram, mengalami kesulitan saat melakukan kegiatan sehari-hari.

“Dengan error yang dialami Facebook, kami kehilangan ribuan penjualan,” kata Mark Donnelly, pendiri start-up di Irlandia yang menjalankan HUH Clothing, merek fashion yang berfokus pada kesehatan mental.

HUH Clothing menggunakan Facebook dan Instagram untuk menjangkau pelanggan.

“Mungkin kedengarannya tidak banyak bagi orang lain, tetapi kehilangan empat atau lima jam penjualan bisa menjadi perbedaan antara membayar tagihan listrik atau sewa untuk bulan itu,” ujar Donnelly.

Samir Munir, pemilik layanan pengiriman makanan di Delhi, India mengatakan, dia tidak dapat menjangkau klien atau memenuhi pesanan karena dia menjalankan bisnis melalui halaman Facebook-nya dan menerima pesanan melalui WhatsApp.

“Semuanya turun, seluruh bisnis saya turun,” katanya.

Douglas Veney, seorang gamer di Cleveland dengan nickname GoodGameBro yang melakukan streaming via Facebook Gaming, mengatakan bahwa pemasukannya terganggu karena error itu.

“Sulit ketika platform utama Anda untuk memperoleh pendapatan, dan yang digunakan oleh banyak orang, mengalami gangguan,” kata Veney.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s