Anda Penikmat Kopi? Ini Dampaknya

on

Zonadunia.com – Jumlah kopi yang kita konsumsi setiap hari berdampak pada risiko serangan jantung, stroke, dan kematian dari semua penyebab.

Berdasarkan penelitian baru-baru ini yang melibatkan 468.629 peserta, dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan konsumsi kopi mereka, dikutip dari Times of India.

Ketiga kelompok dibagi sebagai berikut:

  1. Tidak (yang tidak minum kopi secara teratur)
  2. Ringan hingga sedang (yang mengonsumsi 0,5 hingga 3 cangkir)
  3. Tinggi (lebih dari 3 cangkir per hari)

Studi yang mengungkapkan jumlah kopi dapat berdampak pada risiko beberapa penyakit ini juga ditindaklanjuti dengan peserta 10 hingga 15 tahun kemudian, dengan rata-rata tindak lanjut 11 tahun.

Hasilnya disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, status merokok, aktivitas fisik, tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol, status sosial ekonomi, asupan alkohol, konsumsi daging, teh, buah-buahan dan sayuran.

Image by chico明 from Pixabay
Ilustrasi (Image by chico明 from Pixabay)

Risiko kematian

Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi ringan hingga sedang per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah sebesar 12 persen dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi. Mereka juga menemukan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 17 persen lebih rendah dan risiko stroke 21 persen lebih rendah.

“Analisis pencitraan menunjukkan bahwa dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi secara teratur, konsumen harian memiliki ukuran jantung yang lebih sehat dan fungsi jantung yang lebih baik. Ini konsisten dengan membalikkan efek merugikan penuaan pada jantung,” dikutip dari Viva.co.id.

Dengan demikian, ditemukan bahwa dalam jangka panjang, minum 0,5 hingga 3 cangkir kopi setiap hari memiliki dampak yang menguntungkan bagi kesehatan kita dengan mekanisme utama meningkatkan kesehatan jantung kita.

Jadi, Anda dapat dengan aman mengonsumsi 0,5 hingga 3 cangkir kopi setiap hari. Tetapi juga istirahat dari minum kopi, seperti satu minggu setiap bulan.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi dikatakan satu jam setelah bangun tidur dan berhenti setidaknya 10 jam sebelum tidur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s