Cabor Bola Tangan Putra PON XX, Kaltim Menang Atas Tuan Rumah

on

Zonadunia.com – Pertandingan PON XX Papua Cabang olahraga (Cabor) bola tangan putra penyisihan grup B kembali dilanjutkan.

Pertandingan tersebut mempertemukan tim tuan rumah Papua dengan Kalimantan Timur (Kaltim) di venue futsal dan bola tangan, SP 2-SP 5 Timika, Senin (11/10/2021).

Image by Christoffer Borg Mattisson from Pixabay
Ilustrasi (Image by Christoffer Borg Mattisson from Pixabay)

Papua langsung melakukan penekanan pada babak pertama dan unggul 2-0 lewat lemparan Victorious, lemparan Josias dan Frengki membuat tuan rumah sempat unggul 4-0 pada lima menit pertama. Tak tinggal diam Kaltim kembali mengejar melalui pemain andalan merka Effendi dan Oni, skor imbang 4-4.

Pertandingan babak pertama berlangsung sengit, Kaltim yang bermain apik sempat berhasil unggul jauh dari Papua dengan pemain andalan mereka Oni yang tampil memukau.

Tuan rumah yang didukung supporternya juga tak mau kalah, Papua berhasil mengejar pada 10 menit jelang pertandingan berakhir, pemain Papua Victorious tampil mengesankan, pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 15-18 untuk keunggulan tim tamu.

Pada babak kedua, pertandingan masih berjalan dengan ketat, Papua yang tertinggal tampil lebih semangat, alhasil mereka berhasil menipiskan poin menjadi 22-23 pada menit ke-28 pertandingan berjalan.

Pelatih Kaltim, Dwichandra Hariwibowo membuat keputusan tepat dengan melakukan time out saat Papua berhasil memangkas jarak hingga hanya selisih 1 angka.

Papua pun akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 23-23, namun Effendi membuat Kaltim kembali unggul 23-24 pada menit ke-30.

Duo Effendi dan Oni menjadi momok bagi tim Papua, karena berkat kegemilangannya hingga menit ke-53 Kaltim unggul 35-28.

Pertandingan sempat dihentikan karena adanya protes yang dilakukan pemain Papua terhadap wasit karena tidak puas atas beberapa keputusan yang dibuat. Oknum penonton melempari dengan botol dan protes juga dilakukan oleh official tim dan pelatih Papua kepada panitia pelaksana pertandingan.

Pertandingan kembali dilanjutkan setelah pergantian wasit usai dihentikan beberapa saat.

Pada sisa tujuh menit pertandingan Kaltim berhasil unggul jauh 43-32. Berdasarkan hasil tersebut tim putra Papua pun dipastikan tidak bisa melaju ke semifinal karena kalah dua kali, sementara Kaltim berhak melaju ke semifinal setelah mengumpulkan 3 poin karena hasil imbang melawan Jawa Tengah (Jateng) dan mengalahkan Papua.

Perlu diketahui pada pertandingan perdana Kalimantan Timur menahan imbang Jawa Tengah 29-29, sementara Papua harus menyerah dari lawan yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s