Jangan Salah, Vaksin Booster dan Dosis ke-3 Itu Berbeda

on

Zonadunia.com – Ada isu yang beredar bahwa pemberian vaksin booster dan vaksin dosis ketiga mungkin diperlukan untuk masyarakat umum. Pemberian vaksin booster untuk tenaga kesehatan juga telah dilakukan, namun banyak yang mengira bahwa dosis ketiga adalah vaksin booster.

Image by Surprising_Shots from Pixabay
Ilustrasi (Image by Surprising_Shots from Pixabay)

Apa itu vaksin booster?

Dua dosis vaksin pada saat ini merupakan dosis utama vaksin. Ini diberikan bertujuan membangun sistem imun agar siap menghadapi patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan vaksin booster adalah vaksin tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya. Ini akan memberikan perlindungan yang lebih optimal pada risiko masuknya patogen.

Untuk vaksin Covid-19, saat ini dosis utama vaksin adalah dua kali suntikan. Dua dosis tersebut sudah cukup untuk melindungi masyarakat umum dari infeksi parah Covid-19.

Namun, antibodi yang terbentuk dari kedua dosis tersebut, mungkin saja menurun dan membutuhkan vaksin booster.

Apakah vaksin booster untuk masyarakat umum diperlukan atau tidak, penelitian masih terus dilakukan terkait hal ini.

Tetapi untuk tenaga kesehatan, vaksin booster merupakan hal yang perlu sebab mereka menjadi garda terdepan yang terpapar virus Covid-19.

Apa itu vaksin dosis ketiga?

Vaksin dosis ketiga adalah vaksin yang harus diterima dan dianggap sebagai bagian dari dosis utama vaksin. Sasaran vaksin dosis ketiga ini hanya diperuntukkan untuk segelintir orang.

Contoh orang yang harus menerima vaksin dosis ketiga adalah orang yang mengalami immunocompromised. Orang dengan immunocompromised tidak bisa membentuk antibodi sebaik orang yang sehat.

Oleh karena itu, vaksin dosis ketiga diperlukan untuk memastikan mereka memiliki antibodi yang cukup untuk melindunginya dari Covid-19.

Siapa yang memerlukan vaksin booster dan vaksin dosis ketiga?

Berdasarkan rekomendasi dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC), berikut adalah rekomendasi individu yang perlu menerima vaksin booster:

  • Tenaga kesehatan
  • Orang tua 65 tahun ke atas
  • Orang tua dan dewasa dengan penyakit penyerta
  • Pekerja publik yang berisiko tinggi terpapar Covid-19

Sedangkan individu yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga adalah individu dengan kriteria sebagai berikut:

  • Sedang menerima perawatan kanker
  • Sedang perawatan dengan obat-obatan imunosupresif, seperti kortikosteroid
  • Memiliki penyakit immunodeficiency
  • Penderita HIV.

Perlu diketahui saat ini belum ada panduan resmi untuk penatalaksanaan dosis ketiga dan vaksin booster selain untuk tenaga kesehatan. Hal ini dikarenakan beberapa jenis vaksin masih melakukan penelitian dan pengajuan izin guna untuk kedua jenis vaksin tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s