Indonesia Kembali Diguncang Gempa, Kini di Malang

on

Zonadunia.com – Wilayah selatan Jawa Timur hari ini diguncang gempa berkekuatan magnitudo M 5,3, Jumat (22/10/2021). Gempa terjadi pada pagi 09.21 WIB, dari hasil analisis gempa terkini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,1.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,81 derajat LS; 112,49 derajat BT. Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 75 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 98 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa tektonik di selatan Jawa Timur yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi menengah. Hal itu terjadi karena aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

Image by litalitelitos from Pixabay
Ilustrasi (Image by litalitelitos from Pixabay)

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Bambang dikutip dari Kompas.com.

Kendati lokasi pusat gempa di selatan Jawa Timur tersebut berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, sejumlah wilayah di sekitar pusat gempa memang merasakan dampak getaran akibat guncangan gempa bumi yang terjadi. Seperti, di daerah Blitar, masyarakat merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi ini dengan skala intensitas III-IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Selanjutnya di daerah Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek merasakan getaran gempa bumi ini dengan skala intensitas II-III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, hasil monitoring gempa BMKG hingga pukul 09.43 WIB, Jumat, 22 Oktober 2021, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun, upayakan juga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa tektonik yang terjadi di selatan Jawa Timur yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s