Swasta Dapat Peluang Akuisisi Garuda Indonesia

on

Zonadunia.com – Pemerintah tengah melakukan negoisasi dengan banyak pihak terkait utang Garuda Indonesia. Hal tersebut ditegaskan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar maskapai nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tidak bangkrut.

“Harus saya tegaskan, pemerintah tidak ingin membuat Garuda bangkrut. Hal yang kami cari adalah penyelesaian utang, baik di luar proses pengadilan atau melalui proses pengadilan,” kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam wawancara dengan Bloomberg yang dikutip Kamis (4/11/2021).

Image by Simon Hill from Pixabay
Ilustrasi (Image by Simon Hill from Pixabay)

Salah satu pihak yang dinegoisasikan adalah kreditur untuk restrukturisasi utang US$ 6,3 Miliar dengan harapan bisa mencapai kesepakatan pada triwulan II-2022.

Beberapa opsi telah disiapkan untuk negoisasi utang, beralih ke instrumen seperti obligasi konversi wajib atau pinjaman bank tanpa kupon salah satunya.

“Kami sedang bernegosiasi dengan banyak pihak dengan kebutuhan yang berbeda, sehingga preferensi mereka berbeda-beda,” ujarnya.

Wakil Menteri BUMN yang akrab disapa Tiko juga mengatakan, jika perjanjian utang sudah tercapai, Garuda akan mulai mencari cara mengumpulkan US$ 1 Miliar untuk membayar kewajibannya dan sebagai modal kerja.

Dengan kebutuhan dana yang begitu tinggi, pemerintah kini memilih bersikap realistis dan terbuka terhadap kemungkinan investor swasta menjadi pemilik mayoritas saham Garuda.

“Kami buka peluang adanya pemain hub besar,” kata Tiko.

Tiko mengatakan, Garuda harus memangkas utangnya 70%-80% agar bisa bertahan. Laporan keuangan terbaru perusahaan menunjukkan, Garuda memiliki ekuitas negatif sebesar US$2,8 Miliar pada akhir Juni.

3 Comments Add yours

  1. Anterin Trans Mimika says:

    Reblogged this on .

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s