Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Fakta Mandalika Sirkuit

on

Zonadunia.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah meresmikan Mandalika Sirkuit yang akan menjadi arena balap kejuaraan dunia Superbike World Championship atau WorldSBK (WSBK).

Berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Mandalika Sirkuit diresmikan oleh Jokowi pada Jumat (12/11/2021). Tak hanya meresmikan, Presiden RI juga menyempatkan untuk menjajal Mandalika Sirkuit dengan motor Kawasaki W175 dominan hijau miliknya.

Image by gammino250 from Pixabay
Ilustrasi (Image by gammino250 from Pixabay)

Berikut fakta-fakta Mandalika Sirkuit:

Mandalika Sirkuit Jadi Lokasi WorldSBK

Melansir dari situs themandalikagp, FIM (Federation Internationale de Motcyclisme) dan DWO (Dorna WorldSBK Organization) memastikan Indonesia siap menggelar balap motor WorldSBK di bulan November 2021. Perlombaan ini berlokasi di Mandalika Sirkuit.

Pertama kalinya sejak 1997, WorldSBK hadir kembali dengan putaran final musim 2021 yang akan berlangsung di bulan November, di pulau Lombok. Kejuaraan ini akan menjadi Final musim kejuaraan dunia superbike MOTUL FIM 2021.

Mandalika Sirkuit: Perubahan Jadwal Balap Motor WorldSBK

Mandalika Sirkuit yang menjadi lokasi balap motor WorldSBK telah merilis jadwal perlombaan. Jadwal putaran di Indonesia ini digeser 1 minggu dari jadwal semula pada 12-14 November menjadi 19-21 November 2021.

Hal ini disebabkan oleh adanya pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang. Balapan ini juga diundur bukan hanya karena faktor teknis, tapi juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia.

Spesifikasi Sirkuit Mandalika

  • Panjang 4,31 km dengan 17 tikungan
  • Paddock Area Street Circuit Mandalika mencakup 40 garasi
  • Kapasitas Grand Stand Seating Street di Mandalika Sirkuit mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk
  • Non-Seated Area (tribune berdiri) sanggup menampung 138.000 orang.

Pada saat melintasi jalan ini, para pembalap disuguhkan pemandangan indah yang dimiliki Kawasan Pariwisata The Mandalika. Dari bentang pantai dengan pasir putih, jejeran perbukitan, serta pemandangan asri Mandalika.

Mandalika Sirkuit Gunakan Bahan Aspal Modern

Lintasan Mandalika Sirkuit dibangun dengan teknologi pengaspalan paling modern bernama Stone Mastic Asphalt (SMA). SMA adalah campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal.

Tujuannya untuk memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil. SMA memiliki daya penetrasi yang tinggi yang membuat pembalap tidak mudah terjatuh saat terjadi ‘wet race’ (jalan licin akibat air hujan).

Mandalika Sirkuit berhasil membawa tiga rekor MURI dan satu rekor MURI baru yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Sirkuit Mandalika Sabet Tiga Rekor MURI

Mandalika Sirkuit berhasil membawa tiga rekor MURI dan satu rekor MURI baru yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Rekor-rekor tersebut di antaranya:

  • Pembangunan lintasan sirkuit tercepat
  • Pembangunan sirkuit pertama standar FIM
  • Kategori pengaspalan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan volume terbanyak
  • Pembangunan gedung pit sistem modular tercepat di sirkuit bertaraf internasional.

3 Comments Add yours

  1. Reblogged this on Wedang Mas Blangkon.

    Like

  2. Anterin Trans Mimika says:

    Reblogged this on .

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s